Home » , » Cara Install Android di PC

Cara Install Android di PC

Posted by tipsandtrick85

Cara Install Android di PC - Perkembangan android sekarang semakin marak dan pesat, hampir 78% penggila smartphone kini memakai OS yang berbasis Linux ini.

Di Indonesia sendiri penjualan android semakin terus meningkat. Berbagai vendor mulai ramai masuk dan menawarka berbagai macam tipe, mulai dari spek canggih sampai spek biasa, mulai dari harga selangit sampai harga yang sesuai kantong tipis seperti saya.

Tapi apakah pernah terlintas di bayangan kita kalau saja sistem android hadir di komputer/laptop kesayangan kita? Berdasar dari sistem dasar android yang dari Linux, membuat saya penasaran untuk mencoba informasi tentang cara menginstal android di komputer/laptop.
Tak henti saya ubek-ubek di internet, dan ternyata terbukti bahwa saya ternyata kurang up-to date tentang informasi ini. Ternyata di internet sudah banyak sekali informasi yang menjelaskan tentang ini.

Di sini saya mencoba merangkum dari beberapa materi tentang cara menjadikan komputer/laptop sebagai android yang juga bisa kita gunakan layaknya gadget android. Selain itu, kita juga akan mempunyai sebuah akses ke play store layaknya android.

Adalah BlueStacks, sebuah software emulator android yang bisa memberikan kita sebuah akses untuk bisa mendownload dan menjalankan aplikasi android di komputer/laptop kita.


Untuk memudahkan penggunanya, BlueStacks terintegrasi dengan sistem PC. Klik My Computer dan Anda akan menemukan folder My Apps. Disini, Anda bisa membuat shortcut untuk aplikasi yang sobat miliki dan menempatkannya di desktop untuk mempermudah akses.

Karena sebagian besar aplikasi Android saat ini dirancang untuk tablet, maka tampilan aplikasi sangat cocok digunakan pada PC.

Gadget android biasanya mempunyai ciri touchscreen, lalu apakah komputer/laptop kita juga bisa berubah menjadi touchscreen? Tidak, akan tetapi kita akan memakai mouse sebagai pengganti jari kita saat mengakses aplilasi favorit kita. Namun jika Anda menggunakan PC touchscreen, maka Anda bisa mengoperasikannya seperti pada smartphone atau tablet Android.

BlueStacks juga menyediakan beberapa tombol di bagian bawah sebagai pengganti softkey yang biasa ditemukan pada device Android, yang tentunya menjadi bagian penting dalam menjalankan software ini.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui fungsi software BlueStacks. Lalu, bagaimana cara instalasi BlueStacks pada Komputer di Windows?

Cara Install BlueStacks di Komputer/laptop

1. Download terlebih dahulu aplikasi BlueStacks
2. Setelah download selesai, klik file installer untuk mulai menjalankan instalasi. Lalu klik "Continue" untuk melanjutkan.
3. Centang App Store access dan App Notification, kedua hal ini penting agar BlueStacks dapat bekerja secara optimal. Selanjutnya, klik tombol "Install".
4. Proses instalasi akan berjalan selama beberapa waktu, tergantung komputer Anda.
5. Setelah instalasi selesai
6. Klik search bar di kanan atas untuk mencari aplikasi yang ingin kamu download dan install.

Contohnya kamu ingin menginstall Angry Birds Star Wars, maka ketikkan di search box tersebut kemudian klik install. Lalu Anda akan menemukan 4 source aplikasi Angry Birds Star Wars, yaitu 1Mobile, GetJar, Amazon Apps dan Google Play. Anda bisa langsung download aplikasi dari 1mobile atau GetJar, sementara Amazon Apps dan Google Play akan meminta Anda untuk sign-in sebelum download. Pilih source yang Anda inginkan, kemudian download dan install.

7. Setelah instalasi selesai, Anda bisa mengakses setiap aplikasi melalui "My Apps".

Dengan menggunakan BlueStacks, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi Android di PC dengan mudah. Bahkan games dengan grafik yang cukup tinggi dapat berjalan dengan mulus.

NB : Perlu.diketahui BlueStacks adalah sebuah emulator, namun Anda benar-benar dapat menikmati pengalaman yang mengesankan. Anda dapat menggunakan hampir seluruh aplikasi Android menggunakan BlueStacks. Walaupun saat ini BlueStacks masih dalam tahap Beta, namun software ini cukup mengesankan dan direkomendasikan bagi sobat yang membutuhkan emulator Android.

Dan syarat agar komputer/laptop Anda bisa dijadikan android adalah sebagai berikut :
• Processor 1 GHz atau lebih.
• RAM 2 GB atau lebih.
• Kapasitas hard disk minimum 800 MB.
• OS Windows XP, Vista & 7 (32 dan 64 bit).

Karena software ini masih beta, tentunya masih ada beberapa bug/error yang akan terjadi. Tapi tidak usah khawatir, saya akan memberikan trik mengatasi error BlueStacks yang juga saya dapat dari blog tetangga.
Cara instal BlueStacks sampai tuntas tanpa ada masalah :

* Download dulu BLUESTACKS tapi jangan di install dulu
* Biar nggak error/ Bluestacks installation failed, berikut triknya :
1. Instal JAVA untuk browser di sini
2. Update Driver PC Anda download file di bawah ini :
• Download Intel Chipset users
• Download AMD drivers users
• Download NVIDIA drivers users

* Setelah itu baru install BLUESTACKS

Dan beberapa permasalahan yang muncul saat install Bluestack adalah sebagai berikut :

1. Masalah Graphics Card (Kartu Grafis)
Waktu di install ada Pesan Errornya "Error 25000. Bluestacks currently doesn't recognize your graphic card. It is possible your graphics drivers may need to be updated. Please update them and try install again.".


Untuk mengatasi ini saya sarankan untuk mengupdate Driver VGA sobat Neamer (seperti cara di atas), jika sudah di update namun tetap tidak bisa, berarti memang tidak support dengan VGA Card Anda.

2. Masalah pada RAM
Untuk install BlueStacks ini RAM komputer Anda direkomendasikan minimal 2GB jadi kalau RAM di bawah itu kemungkinan akan mengalami masalah baik saat install maupun menjalankannya.
Pesan Error biasanya "This application requires at least 2 GB physical memory, (NULL), (NULL), (NULL), (NULL) ....... "

3. Masalah Waktu yang lama dan BlueStacks tidak merespon
Kemungkinan hal ini disebabkan oleh koneksi internet Anda yang lambat sehingga saat install (Downloading Package nya) jadi lama atau bahkan Bluestacks sudah terinstall tetapi saat dijalankan ada beberapa menu di Bluestack tidak mau dijalankan, dan ketika melakukan pencarian wechat tidak muncul hasilnya dan hanya loading terus. Jadi pastikan dulu koneksi internet Anda sudah cepat dan Bluestacks terinstall dengan baik.

Tips dan Trick
Untuk pemakaian Bluestack ini agar PC / leptop Anda tidak menjadi Lemot saya ingin berbagi sedikit Tips dan trik yang mungkin bisa kalian gunakan. Program Bluestack ini adalah aplikasi berjalan. yaitu walaupun kita tidak membukanya, tapi program ini tetap berjalan di Task Manager, efeknya jadi lumayan lemot. Tapi jangan khawatir dan ragu untuk instal Bluestack ini. Langsung saja saya tunjukin Caranya.

Hal yang harus dilakukan pertama adalah buka menu RUN ---> Service.msc

Next step, Cari Bluestack Android Service
Klik 2x maka akan muncul Form baru.
Setelannya :

Pada Startup type pilih Manual saja dan klik tombol Stop lalu Apply.
Lakukan hal tersebut ketika Anda selesai memainkan program Bluestack tersebut. walaupun lumayan ribet, tapi ngga rugi, kita bisa menikmati semua fitur - fitur smartphone di PC / Laptop kita.

Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts